I n F e R ti Li Tas

Kesulitan kehamilan (infertilitas) merupakan masalah yang merisaukan pasangan suami istri. Usaha untuk mengatasi hal ini cukup beragam, mulai dari pengobatan medis seperti terapi hormon sampai dengan bayi tabung, serta pengobatan herbal, akupuntur, pijat dan lain sebagainya. Untuk mencari penyebab kesulitan hamil ini sebaiknya pasangan suami istri diperiksa keduanya, bukan hanya istriya saja. Gangguan terdapat pada suami biasanya adalah kualitas sperma yang kurang baik. Hal ini bisa diatasi dengan suntik hormon tertentu atau dengan metode akupuntur, bekam dan herba yang dapat meningkatkan kesuburan pria, antara lain kemangi, ginseng dan jahe merah. Selain itu sebaiknya juga diperbanyak mengkonsumsi buah yang tinggi licopen dan kaya vitamin E seperti tomat, semangka, wortel, tauge. jambu biji merah dll.Pada wanita, penyebab kesulitan hamil lebih bervariasi, antara lain gangguan hormonal, sumbatan di saluran tuba, adanya mioma atau mungkin adanya reaksi antibody yang berlebih terhadap sel sperma. Tentunya untuk mengetahui dan mengatasi kondisi tersebut dibutuhkan pemeriksaan dan penanganan khusus.

Salah satu cara untuk mendapatkan keturunan (kehamilan) adalah dengan cara islami dan alami, antara lain yaitu :

1. Tingkatkan ibadah sholat dan ibadah wajib lainya, dan teruslah berdo’a.

2. Rutinkan berpuasa sunnah senin kamis, atau puasa daud. Karena dengan puasa insyaallah dapat memperbaiki sistim reproduksi.

3. Rajin bersedekah ke fakir miskin, dan meminta di do’akan agar segera mempunyai keturunan.

4. Ihlas dan pasrah kepada Alloh SWT, jangan terlalu memikirkan kenapa belum hamil. Karena dengan fikiran yang terus tertuju pada kenapa belum bisa hamil, akan kontra produktif terhadap upaya tersebut. Tetapi dengan kita ihlas dan benar – benar memasrahkan semuanya kepada Alloh, insyaAlloh pertolongan Alloh SWT akan segera datang. Sering kita mendengar pasangan suami istri yang belum dikarunia anak, kemudian mereka mengadopsi anak. Tidak lama setelah mengadopsi anak perempuan pasangan tersebut kemudian hamil. Hal ini dimungkinkan karena mereka sudah ihlas dan pasrah kepada Alloh SWT.

5. Mengkonsumsi herbal dan atau sayuran yang mengandung fitoestrogen, antara lain susu kedelai, tauge, biji bunga matahari, kacang polong dan labisia potaoina (kacip fatimah). Memperbanyak buah dan sayuran yang mengandung vitamin E dan antioksidan. Habbatussauda juga bisa dikonsumsi, karena berfungsi sebagai antioksidan.

6. Berbekam dan ruqyah.

Semoga bermanfaat. Allohu’alam bisshowab.

Eramuslim.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s