Manusia Kardus

Kata “manusia kardus” ini saya dapatkan saat di bandara Adi Sutjipto menuju Jakarta. Yaaa ngobrol bareng kawan dan menceritakan sosok ‘manusia kardus’.

Sekilas aneh dan saya ga ngerti apa maksudnya… saat pembicaraan mengalir akhirnya tahu juga maknanya 🙂

Yup, pernah lihat karduskan, pernah bermain dengan karduskan, Nah berarti tahu makna kardus itu kayak apa? . Begitulah  ‘manusia kardus’, itu merupakan istilah buat seseorang yang merasa dirinya hebat tapi otaknya kosong. Orang-orang seperti ini  tidak mau mengatur diri sendiri dan memiliki kecenderungan untuk tidak teratur atau dengan kata lain orangnya manut aja si A bilang apa , si B bilang apa, tidak punya fungsi control dalam dirinya bahkan untuk membuat dirinya teratur saja perlu tangan-tangan dan intervensi pihak lain. Sama seperti bentuk kardus, luarnya rapih terlihat kokoh tapi didalam melompong, rapuh, diperlukan pihak lain untuk mengatur agar kardus-kardus tersebut tersusun rapi, dan membatasi volume didalamnya agar tidak berlebih muatan.

Gambaran tersebut sering kita jumpai  didalam masyarakat Indonesia, bahkan lingkungan terkecil seperti di kantor. Mereka ingin menunjukan kepandaian dan kepintaran tapi tanpa sadar dia memperolok dirinya sendiri. Terkadang dalam menghadapi hal seperti itu, kita harus maklumi walaupun harus mengurut dada, karena saking keselnya .

So.. perlu adanya perbaikan untuk membangun manusia-manusia kardus ini agar bisa menjadi manusia seutuhnya yang berisi dan berpikir realistis yaitu melalui belajar memahami konsep diri baik mengukur kemampuan dan memanage diri sendiri.

===== Jangan mau menjadi katak yg hanya dalam tempurung, takut dan tdk mau menunjukan dirinya =======

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s