Sehat dan Bugar dengan Belly Dance

belly-dance-momBanyak cara menjadi bugar. Salah satunya dengan Belly Dance. Tarian, budaya dari Timur Tengah yang kini sedang naik daun.

Catatan sejarah mengungkap beberapa kisah awal mula Belly Dance. Salah satunya menyebutkan Belly Dance berawal di abad ke-19 di Mesir. Kala itu Ghawazi, kelompok penari wanita kaum Gypsy diusir dari Kairo.

Mereka lalu hidup nomaden, hingga ke Afrika Utara dan benua lain. Seiring perjalanan, mereka membawakan tarian yang kemudian dikenal dengan Belly Dance. Di masing-masing tempat persinggahan, tarian yang mereka bawakan mendapat pengaruh dari budaya setempat. Dari situ lah lahir berbagai aliran Belly Dance.

Dalam kebudayaan Arab, Belly Dance ada dalam hampir seluruh siklus selebrasi hidup. Kelahiran, pernikahan, dan perayaan besar lain. Jadi, jauh dari hal-hal negatif.

Jika anda pikir Belly Dance hanya soal goyang pinggul, think twice. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan Belly Dance. Antara lain membentuk tubuh, mengencangkan paha, dan tentu saja merampingkan perut. Mereka yang belajar Belly Dance, umumnya memiliki postur dan bentuk tubuh yang lebih baik dari sebelumnya. Bagi para wanita, konon Belly Dance dengan gerakannya yang gemulai dapat lebih menggali sisi feminin anda.

Ketika mulai belajar Belly Dance, anda akan diajari teknik awal. Sekali dalam seminggu, paling tidak tiga bulan. Gerakan demi gerakan seperti hip-up, hip-drop dan hip-push harus dikuasai betul. Setelah itu naik ke level selanjutnya, sembari belajar tentang budaya dan sejarah Belly Dance juga.

Sembari belajar, anda juga akan diperkenalkan pada pernak-pernik pendukung Belly Dance. Seperti Veil (selendang), Cane (tongkat), Isis Wings (sayap kain) dan Zills (semacam Cymbal kecil) yang biasanya digunakan saat perform. Jika sudah mahir, anda bisa ikut perform dalam pertunjukan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan untuk berbagi ilmu dengan menjadi instruktur.

Gerakan Belly Dance lebih banyak mengarah pada otot perut, namun bagian otot lain (seperti pinggang, pinggul, dan juga bahu) dapat terlatih sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar. Belly Dance memiliki manfaat sehat bagi tubuh Anda, dengan latihan yang rutin dan konsisten berikut manfaat yang akan Anda dapatkan.

Baik untuk menurunkan berat badan

Latihan Belly Dance mampu meningkatkan detak jantung, hal ini sama dengan latihan kardio yang Anda lakukan. Satu jam berlatih Belly Dance sama dengan 300 kalori yang terbakar. Program penurunan berat badan Anda akan maksimal dengan diimbangi pola makan sehat yang baik.

Otot perut ramping dan kencang

Sebagian besar gerakan Belly Dance menggunakan otot perut, dan hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan perut ramping. Otot perut yang dilatih secara konsisten dan dengan cara yang tepat akan mempersempit ruang bagi penimbunan lemak di perut Anda.

Membuat otot lebih rileks

Daerah leher, bahu, dan juga punggung biasnya sering nyeri akibat otot yang stres dan tegang karena peningkatan asam laktat. Gerakan dalam latihan Belly Dance mampu membantu otot tubuh Anda menjadi rileks, meringankan nyeri otot karena mampu menurunkan kadar asam laktat dalam tubuh Anda.

Membuat sendi lebih kuat

Tulang belakang adalah organ vital sebagai penopang tubuh, gerakan Belly Dance mampu meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dengan meningkatkan aliran cairan synovial antara sendi. Ligamen dan tulang rawan yang ada dalam tulang belakang menjadi terjaga dan sendi tubuh Anda akan semakin kuat.

Membantu proses melahirkanImage

Belly Dance is about how you appreciate your body. And how you feel good about yourself. Siapapun bisa ikut belajar tari perut. Anak usia 8 hingga mereka yang sudah setengah baya, 50 tahun misalnya. Yang pasti, anda perlu menghilangkan perasaan minder dan malu untuk bisa terus maju. Belly Dance aman dilakukan oleh ibu hamil, bahkan tarian seksi ini mampu memberikan efek bahagia dan aktif selama masa kehamilan. Tentunya gerakan Belly Dance bagi ibu hamil berbeda dengan lainnya, kini banyak modifikasi yang ditawarkan bagi ibu hamil.

http://carapedia.com

Iklan

One thought on “Sehat dan Bugar dengan Belly Dance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s